Memelihara Hewan Pemula

Berbagi informasi pemeliharaan hewan

Manfaatkan Kerang Hijau Untuk Lestarikan Air Laut Teluk Jakarta

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk menggunakan green mussel atau kerang hijau untuk melestarikan air laut di Teluk Jakarta. Kerang hijau berguna menjadi penyaring alami.

Usaha itu dilaksanakan oleh Team Konservasi Ancol dalam menjalankan satu program waktu panjang yg dinamakan Asian Green Mussel Reef Restoration. Program ini punya tujuan untuk kembalikan mutu air laut.

Corporate Communication Taman Yang diimpikan Jaya Ancol Rika Lestari mengemukakan mutu air laut pada Teluk Jakarta sangatlah alami penurunan karena pencemaran sungai kotoran rumah tangga serta industri. Apabila dilewatkan, masalah ini akan menyebabkan ledakan plankton, atau yg lebih kronis kembali membuat terjadinya Red Tide yg dibarengi penurunan oksigen lewat cara tak diduga.


Artikel Terkait : berapa harga kerang laut


" Pantai Ancol yg ada di Teluk Jakarta, dikit banyak tergoda oleh perihal itu. Ancol menjadi lokasi pesisir, adalah habitat alami dari beberapa macam biota laut, seperti kerang hijau, kepiting batu, ketang-ketang, ubur-ubur, baronang, kerapu, ganggang laut, serta bermacam style yang lain. Kehadiran biota ini kurang maksimum lantaran mutu air laut yg kurang baik, " kata Rika.

Ancol menggunakan kerang hijau untuk bersihkan air laut. Analisis dari The University of Waikato pada 2013 katakan, seekor kerang hijau dewasa bisa bersihkan atau memfilter air sekitar dua hingga tiga liter perjam.

Masalah ini sudah dibuktikan dengan uji-coba yg dilaksanakan oleh Team Konservasi Ancol. Kerang hijau sekitar lima kg bisa bersihkan 50 liter air laut dalam saat satu jam.


Sesi awal implementasi program ini yaitu dengan menanam bibit kerang hijau di sejumlah titik lokasi pantai Ancol. Semasing golongan bibit dikasih isyarat berbentuk balon berwarna merah yg dimaksud Marker Buoy.

Selanjutnya pelajari serta monitoring teratur dilaksanakan tiap-tiap bulan lewat cara bergantian. Masalah ini untuk paham titik manakah saja yang bisa ditumbuhi oleh kerang hijau dengan baik.

Sesi lalu yaitu dengan menanam bibit kerang hijau semakin banyak kembali pada area yg memang dapat dibuktikan sesuai, hingga populasi kerang hijau bisa tumbuh dengan subur. Meningkatnya populasi kerang hijau diinginkan bisa menambah kemampuan mereka dalam memfilter air laut. " Semestinya bisa membendung laju penurunan mutu air laut, " kata Rika.

Disadari Rika, program ini akan nampak akhirnya dalam dua atau tiga tahun ke depan. Makan waktu sampai 20 sampai 30 tahun. Tetapi usaha kecil ini adalah langkah fakta kepedulian Ancol pada pelestarian kelangsungan ekosistem pesisir di Teluk Jakarta.

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Manfaatkan Kerang Hijau Untuk Lestarikan Air Laut Teluk Jakarta
      Komentar(0)